Sinopsis Ki Cendhala Geni

Bondan Lelana, begitulah nama pemeran utama dalam serial silat Bondan Lelana. Sebuah kisah fiksi yang diangkat dengan latar belakang sejarah Kerajaan Majapahit di masa pemerintahan Sri Jayanegara. Mendalami olah kanuragan di daerah yang dikenal dengan nama Pengging atau Pajang di bawah asuhan seorang resi yang bernama Gajahyana. Setelah usianya beranjak dewasa, ia pergi ke arah timur tepatnya di pusat kerajaan. Untuk pertama kali, ia berjumpa kembali dengan saudara-saudara sepupunya yaitu Gumilang Prakoso dan Sela Anggara. Kedua anak muda ini merupakan anak dari bibinya yang bernama Nyi Retno Ayu Indrawati. Keluarga Bondan merupakan kerabat dekat keluarga kerajaan. Akan tetapi semenjak ayah dan ibunya bersepakat meninggalkan hiruk pikuk dunia, keduanya lantas  menyerahkan Bondan kepada Resi Gajahyana untuk mendidik dan mengajari Bondan tentang kehidupan dan semua hal. Dalam pengembaraannya untuk pertama kali, Bondan terlibat dalam kegiatan untuk menumpas pemberontakan yang cukup besar. Beberapa pertarungan yang nyaris menjemput ajalnya juga telah dilalui olehnya. Pengajaran gurunya tentang cinta bakti kepada raja, bangsa dan negara telah membawa Bondan memasuki dunia olah kanuragan yang sangat keras dan tiada ampun. Bekal ilmu dari gurunya ditambah dengan dukungan keluarga dekat serta orang-orang kepercayaan bibinya telah menjadikan Bondan tumbuh berkembang sebagai seorang lelaki yang cukup tangguh.

Adalah Ki Cendhala Geni yang menjadi lawan utama dalam episode Ki Cendhala Geni. Seorang tokoh besar yang cukup disegani di pesisir selatan Pulau Jawa. Dari lereng Merapi hingga Gunung Raung menggemakan kebesaran namanya. Peran serta Gajah Mada, yang masih berusia muda, dapat mempersingkat kekuasaan Ki Cendhala Geni yang sempat menduduki kota. Pembagian tugas antara Bondan dan Gajah Mada yang dibantu Ki Juru Demung serta Ki Nagapati telah mempersingkat kekuasaan Ki Cendhala Geni di Kahuripan. Pergerakan Bondan yang membayangi prajurit Majapahit telah membatasi ruang gerak Ki Cendhala Geni yang juga ingin mengembalikan kejayaan Kerajaan Kediri. Sedangkan di lain pihak, kematian Lembu Sora dan Gajah Biru telah memberikan luka yang cukup dalam bagi para prajurit yang setia pada keduanya. Permintaan yang diajukan pada Sri Jayanegara untuk memulihkan nama baik keduanya selalu berujung penolakan. Penolakan ini kemudian menjadi sebab dikepungnya kotaraja oleh pasukan Ki Nagapati yang sebelumnya membantu pembebasan Kahuripan dari pemberontak. Pada akhirnya usaha Ki Cendhala Geni untuk mengacaukan keamanan di Majapahit akhirnya tertiup angin segar. Ki Sentot Tohjaya menjadi daya tarik bagi Ki Cendhala Geni untuk ikut bergabung dalam pasukan Ki Sentot di Bulak Banteng yang semakin kuat .

Sementara itu di bagian lain kecerdasan Gumilang sebagai senopati yang berusia muda ikut memberi warna pada pertempuran. Kenyataan pahit harus diterimanya ketika Lembu Daksa akan menghadapi ayahnya, Ki Wisanggeni, yang berpihak pada Ki Sentot Tohjaya. Peperangan yang melibatkan ribuan prajurit terjadi di sebelah barat kali Brantas. Bondan sendiri terlibat dalam perang tanding yang dahsyat melawan Ki Cendhala Geni.

Episode Ki Cendhala Geni akan terbit berkala di tengah kesibukan sehari-hari sebagai terapis bekam. Selamat menikmati. Wassalam

2 tanggapan pada “Sinopsis Ki Cendhala Geni”

  1. Pingback: Pengumuman : Tidak Melanjutkan ADBM

  2. Pingback: Pengumuman : Tidak Melanjutkan ADBM – Republik Wit Asem

Tinggalkan Balasan