Polri Melayani dengan Profesional, Bersih dan Transparan

Polri Melayani dengan Profesional, Bersih dan Transparan

Judul diatas bukan omong kosong. Pengalaman pribadi ketika mengurus SKCK. Di Polrestabes Surabaya, loket SKCK berada satu atap dengan SPKT (Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu).

Pengamatan yang dilakukan secara acak memang tidak ada kesan atau indikasi bapak-bapak polisi yang berbaju putih, batik dan seragam dinas sedang berbuat semena-mena. Jauh dari angkuh, arogan apalagi sok penting. Dari ujung ke ujung, semua personil nampak semangat dan cekatan dalam pelayanan. Tentu hal ini sangat menggembirakan karena Polri telah berubah. Perubahan positif. Wajah ramah dan tangkas jelas terlihat di ruangan itu.

Bersih.
Yup. Ruang SKPT dan SKCK Polrestabes Surabaya tampak bersih. Bebas asap rokok. Itu yang utama, saya perokok tapi kerasan dan betah menunggu antrian tanpa galau karena jauh dari asap.

Responsif.
Seorang bapak polisi (tidak terlihat nama di dada karena baju bebas, dan saya lupa tidak bertanya) segera mengarahkan saya yang plonga plongo ketika berada di dalam.

“Urus baru pak?”

“Ya.”

“Bapak isi semua data di sini (sambil menyodorkan 3 lembar blangko). Agar semua nyaman, bapak isi di luar. Bangku dan meja sudah tersedia.” Lalu bapak tadi menambahkan,” kalau SKCK yang online itu untuk perpanjangan. SKCK baru harus manual karena sidik jari dibutuhkan sebagai data yang tidak kalah pentingnya.”

Tentu saja, agar semua nyaman dan lancar, maka sebaiknya pemohon patuhi saran. Di dalam, banyak yang mengantri dan beberapa orang sedang diambil sidik jarinya. Maka dari itu pemohon harus tahu diri karena mengisi data membutuhkan waktu lebih lama. Saran saya, ikuti saja saran bapak ibu polisi agar semua nyaman. Jika anda terburu-buru, sebaiknya urus dari kemarin atau datang pagi-pagi. Jangan lewat calo, karena dengan begitu kita tidak menghargai usaha bapak ibu polisi yang ingin bekerja melayani negeri.

Setelah saya ikuti semua saran dari bapak polisi tadi, nomor antrian pun segera saya ambil dari mesin. Beberapa pemohon SKCK sudah tenggelam dalam kegiatan melengkapi data di luar ruangan. Meski di luar, para pemohon terlindung dari terpaan sinar matahari. Polrestabes Surabaya telah memasang atap demi kenyamanan para pemohon. Setelah selesai dengan blangko, saya balik masuk ruangan dan menuju mesin antri. Klik manual (untuk pengurusan baru).

Sekali lagi, bila anda menggerutu karena lama, ya datanglah pagi-pagi atau melamar kerja jadi polisi. Karena dengan menjadi polisi, kita sudah tidak butuh SKCK lagi. SKCK sudah diajukan permohonannya saat kita melengkapi persyaratan pendaftaran sebagai bagian kepolisian.

Ada tempat buat anak bermain. Mantap nian!

Monitor menunjukkan angka 43 saat saya mengambil tempat duduk. Terpaut lumayan jauh dari 63.
Akan tetapi, bebas gratifikasi dan profesional inilah yang menjadikan kami, anak muda dan anak tua, jadi bangga dengan reformasi di kepolisian.

Loket tutup saat jam istirahat. 12.00-13.00 WIB. Hari ini, 12.30 sudah digeber sama beliau-beliau. 30 menit waktu istirahat. Kompol Hartoyo (kalau tidak salah ingat) yang berpapasan dengan saya (masih di ruang SKPT/SKCK), eh ramah loh waktu beliau bilang,”sholat dulu, mas.” Senyum mengembang menghias wajah ramah Pak Hartoyo.

Jayalah Kepolisian Republik Indonesia. Tetap semangat dan bermartabat melayani negeri.

 

Demikianlah. Wassalam

 


Kelengkapan yang harus ada :

FC KTP, akta lahir/ijazah terakhir, KK

Pas foto 4 x 6 sebanyak 6 lembar dengan latar belakang warna merah.

Pastikan kelengkapan yang diperlukan sebelum mengisi blangko. Ambil nomor antrian di mesin dekat tempat bermain anak. Setelah blangko diisi, serahkan ke pak polisi yang bertugas di sidik jari. Beliau-beliau juga berada dalam ruangan yang sama. Barulah kita duduk menunggu panggilan untuk verifikasi dan konfirmasi data.

Post Author: ki banjar asman

Gemar membaca dan menulis. Membekam adalah kegiatan positif selain menikmati kopi di pojok banyak warung. Mempunyai sekte atau aliran "Bisnis Kebangsaan".

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *