@Istana- Menjajal Sulitnya Medan Pembangunan Trans Papua

Medan pembangunan jalan Trans Papua ruas Wamena-Mamugu 1 ini memang sangat sulit dan menjadi tantangan tersendiri dalam membangun infrastrukturnya. Kalau sekarang saya naik motor trail kelihatan jelas kesulitannya. Itu baru naik, coba bayangkan yang membangun. Kita ini kan coba melihat di lapangan dan saya menyusuri sendiri jalan sepanjang 7 km yang tengah dibangun ini.

Ini awalnya pembukaan lahan dikerjakan oleh TNI dulu, dengan medan yang berada pada ketinggian sekira 3.200 meter di atas permukaan laut sangat menyulitkan untuk membentuk badan-badan jalan. Saya tadi dengan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo melihat kesulitannya seperti apa. Saya jelaskan, supaya masyarakat di seluruh Tanah Air tahu betapa sangat sulitnya membangun jalan di Papua karena tanahnya bergunung-gunung yang sangat tinggi.

Kemudian setelah lahannya terbuka, baru Kementerian PU masuk untuk proses aspal, untuk melanjutkan apa yang telah dikerjakan oleh TNI. Saya kira kalau duet ini dilakukan terus ini akan mempercepat pembangunannya. Dari 4.300 km Trans Papua yang sedang dikerjakan, sepanjang 3.800 km sudah berhasil dibuka oleh TNI dan diharapkan di tahun 2019 nanti seluruh ruas jalan sudah terbuka dan dapat dilalui untuk umum.

Ini tadi kita berjalan di ruas dari Wamena menuju ke Kenyam sepanjang 287 kilometer. Memang yang teraspal baru 37 kilometer, tetapi ini akan terus dikerjakan.

http://www.seword.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog di WordPress.com

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: