Rizieq Bukan Ulama yang Wajib Dipatuhi

Mungkin akan ada beberapa orang yang boleh jadi akan mati berdiri atau makin beringas. Tulisan ini bukan alat pembenaran untuk bunuh diri atau bersikap anarkis. Apalagi jika tulisan ini dipakai untuk memprovokasi massa. Namun bila ada orang yang mau diprovokasi pakai tulisan ini yah berarti sudah menetes deras tingkat kecerdasannya.

Ulama Buruk

Orang semacam ini banyak beredar di masyarakat. Mereka mempunyai garis orbit yang berbeda dengan orang yang mempelajari tasawuf atau sufisme. Kebanyakan orang yang di-ulama-kan oleh beberapa orang ini sebenarnya tidak mempunyai keistimewaan sama sekali. Dikatakan seperti itu karena setiap ulama akan terlihat dari apa yang dia kerjakan. Bila seseorang dibanyak tempat dengan pembicaraan yang tidak jauh dari kebencian, biasanya dan memang sering terbukti, selalu mempunyai tujuan politis.

Pada tahap ini, orang yang di-ulama-kan seringkali hanya menjadi mesin penghancur tatanan sosial, budaya dan bahkan hubungan darah. Tanpa mereka sadari dan bahkan mungkin juga tidak disadari oleh pengikutnya bahwa bergabung dengan orang semacam ini malah menyuburkan benih munafik di dalam hati. Mereka lebih jahat dibandingkan racun yang kita minum.

Contoh kasus adalah bila ada yang mendeklarasikan bahwa Hukum Allah diatas konstitusi. Hal ini terjadi disebabkan mereka melihat konstitusi adalah produk manusia. Baiklah, sederhananya begini, pengertian hukum Allah itu tidak dijabarkan secara rinci oleh kalangan mereka. Mengapa? Karena hukum Allah itu sendiri adalah sebuah intisari. Al Quran dan hadits. Hanya dua hal ini. Dan selebihnya adalah produk turunan. Contohnya begini, lampu lalu lintas itu hukum Allah atau hukum manusia? Jelas hukum buatan manusia tetapi aturan itu dibuat oleh manusia agar ada ketertiban. Jepang yang jelas bukan negara beragama bisa tertib bahkan Anies Baswedan pernah berkata orang Jepang memiliki karakter yang dekat dengan nilai Islam. Dan inilah sisi buruk dari orang yang di-ulama-kan karena tidak memberi pendidikan karakter pada pengikutnya. Sekali lagi, mereka tidak memberi tempat bagi  karakter atau akhlak sebagai penekanan dari pengajian.

Ciri-ciri Ulama Buruk

Sabda Nabi Muhammad : … Dan sesungguhnya yang aku takutkan atas umatku ialah para ulama-ulama yang menyesatkan.” (H.R. Abu Daud dari Tsauban)

Salah satu ciri dari orang yang di-ulama-kan adalah mudah memberikan fatwa. Kasus politisasi mayat dan pembolehan masjid sebagai ajang kampanye adalah produk dari orang seperti ini. Buruknya lagi, fatwa semacam ini diikuti oleh diamnya para pejabat. Fatwa bermutu rendah ini juga ditunggangi oleh kuda sesat yang berperan sebagai konsultan. Fatwa rendah yang diikuti banyak orang ini menegaskan bahwa memang benar sabda Nabi Muhammad, yaitu keburukan terjelek adalah ulama yang buruk. Karena ulama buruk akan selalu menebar kebencian, hasutan, dan mengajarkan radikal secara sosial. Radikal secara sosial akan membuahkan hasil yang bernama intoleransi. Hingga akhirnya akan mudah bagi pengikutnya untuk memaksakan kehendak serta memandang rendah orang lain yang bukan golongannya.  Dan juga tidak jarang akan berakhir pada bom bunuh diri.

Radikal secara sosial ini sebenarnya selalu bertujuan politis. Entah mengganti dasar negara atau perebutan kekuasaan. Hal ini (perebutan kekuasaan dan penggantian dasar negara) menjadi mungkin karena mereka sudah memiliki massa.

Dan ciri yang lain adalah mereka selalu dekat dengan orang yang punya tabiat atau watak tidak baik. Watak tidak baik ini bukan berarti selalu mencuri atau berbuat kriminal tetapi meliputi juga ucapan yang merendahkan orang lain. Contohnya ada orang meninggal tetapi justru memberi tanggapan nyinyir. Ada teror bom justru itu adalah mengatakan pencitraan atau pengalihan isu. Bahkan tak jarang orang yang berada di dekat orang yang di-ulama-kan itu selalu menunjukkan gejala hipokrit. Kemarin dia diam saja atau bahkan mendukung, sekarang melarang, besok mengijinkan lalu diam dan apapun akan dia lakukan demi sebuah kepentingan. Ada yang berjanji sebagai penjamin tetapi nyatanya sampai hari ini juga tidak ada kelanjutannya. Bahkan ada yang secara terang-terangan mendukung korupsi untuk tetap berkibar.

Penutup

Peristiwa yang menimpa Dokter Fiera Lovita dan video anak kecil berkata “bunuh” merupakan bukti buruknya dari ajaran radikal. Saya katakan bahwa radikalisme dan intoleransi ini selalu berujung pada kekuasaan. Selalu bersifat politis. Hanya saja saya heran kenapa hanya berani keroyokan? Apalagi terhadap seorang perempuan, mengapa harus keroyokan? Kenapa tidak dilakukan debat tertulis atau cara-cara yang lebih santun? Jawabannya hanya satu : para pengikut ini memang tidak diajarkan sopan santun.

Saat ini para radikalis memang akan merasa besar tetapi mereka akan ketakutan ketika anaknya yang masih kecil bisa berkata “ Bapak, kenapa tidak bunuh ibu saja kan ibu tadi berteman dengan orang kafir?” atau jika mereka berpindah ke tempat yang toleransinya tinggi lalu anaknya berkata :” mengapa bapak tidak membunuh orang kafir yang marah-marah sama bapak?” Sedangkan orang kafir yang dia maksudkan itu bisa saja seorang polisi atau tentara atau mungkin pamannya.

Kepada pengikut radikal

Segeralah insyaf karena Islam itu tidak seperti yang kalian pahami. Ibarat seekor gajah, Islam yang engkau pahami mungkin adalah telinga gajah karena kalian memegangnya dengan mata tertutup. Mungkin juga belalai gajah dan kalian berkeras bahwa yang kalian pegang adalah belalai gajah sedangkan mata kalian tertutup. Islam mempunyai dua sisi. Ada sisi hurufiah (teks) dan sisi batiniah (akhlak). Berpikirlah dan buka mata kalian.

Salam Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog di WordPress.com

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: