Bekam dan Batu Ginjal

Urolitiasis merupakan keadaan yang terjadi sebagai akibat adanya penumpukan oksalat dan pengkristalan beberapa kandungan mineral yang terdapat pada ureter atau sekitar daerah ginjal.

Oksalat sendiri merupakan zat asam yang bersama dengan kalsium dapat membentuk senyawa yang tidak dapat diserap tubuh dan tak dapat larut. Asam oksalat terkandung dalam banyak jenis sayuran, akan tetapi itu bukanlah sesuatu yang membahayakan jika kita dapat menata pola makan dan asupan secara seimbang. Hanya saja, tulisan ini tidak membahas tentang perihal tersebut.

Sekitar tiga perempat batu ginjal terdiri dari asam oksalat sebagai bahan pembentukannya. Dan mungkin sebagian kecil adalah batu asam urat atau sistin. Penyebab terbentuknya batu ginjal sering tidak dapat diketahui secara pasti. Mungkin disebabkan hanya satu sebab atau mungkin bisa saja karena ada kombinasi dari banyak sebab. Menurut Robbins (2004) penyebab batu ginjal tidak dapat diketahui terutama pada kasus batu yang mengandung kalsium. Berbagai dugaan atau analisa mengenai penyebab batu ginjal dengan unsur utama kalsium adalah beberapa makanan yang mengandung kalsium tinggi. Telur dan susu merupakan terduga selain sikap berlebihan dalam mengonsumsi vitamin D.

Pada mulanya, batu terbentuk dengan tidak menimbulkan gejala apapun atau mungkin jika dilakukan pemeriksaan pada ginjal maka jarang sekali ditemukan kerusakan yang sangat parah. Namun begitu jika batu yang berukuran kecil dapat masuk ke ureter (suatu saluran yang mengantarkan urine dari ginjal menuju kandung kemih. Memiliki panjang sekitar 20-30 cm dengan diameter maksimum sekitar 1,7 cm di dekat kandung kemih). Apabila batu berukuran besar, biasanya ia akan menempel di bagian pelvis (bagian ginjal yang berfungsi untuk menampung  urine yang telah tersaring. Apabila pelvis telah penuh, maka urine akan turun melalui ureter dan menuju kandung kemih).

ginjal

sumber gambar : https://factsbehind.wordpress.com/2012/05/27/are-both-kidneys-in-humans-are-of-same-size/

Dalam kasus batu yang menyumbat ureter atau menempel pada pelvis renalis maupun bagian yang lain biasanya akan menyebabkan nyeri punggung. Terkadang juga nyeri diantara tulang rusuk dan tulang pinggang bagian belakang.  Dan jika gejala yang utama itu telah terjadi pada pasien, biasanya atau mungkin juga aka nada darah yang keluar melalui urine. Dan resiko terburuk sejauh yang saya pahami adalah jika terjadi aliran urine telah tersumbat maka bakteri akan terperangkap dalam genangan. Perlahan dan pasti, koloni bakteri akan mengakibatkan infeksi pada saluran urine. Resiko lain yang disebabkan penyumbatan adalah urine akan mengalir balik menuju ginjal. Ginjal akan perlahan menerima tekanan dan input yang lebih besar, kemudian membengkak dan pada akhirnya terjadi kerusakan ginjal.

Beberapa sumber menyatakan pada umumnya pasien akan mengeluarkan batu yang berdiameter 0,5 sampai dengan 1 cm secara spontan. Sedangkan untuk ukuran yang lebih besar biasanya harus diangkat atau dihancurkan agar dapat keluar secara spontan.

Sebuah pertanyaan datang kepada saya, apakah batu ginjal dapat disembuhkan melalui terapi bekam? Kaidah utama adalah tidak ada penyakit tanpa obat penawar. Yang menjadi penghalang adalah semangat yang mengendur untuk mencari jalan keluar. Dokter, tabib sampai dukun merupakan bagian dari jalan keluar menuju sembuh. Terapi bekam Enggal Waras adalah salah satu jalan yang mungkin saja dapat membantu pasien batu ginjal meraih kesembuhan. Yang pasti adalah kami tidak akan pernah menganjurkan pasien mengonsumsi herbal tertentu atau obat tertentu.

Apakah kami pernah menangani pasien batu ginjal? Yup.

Apakah pasien itu dapat sembuh? Terapi bekam bukanlah terapi atau sistem pengobatan yang sekali datang langsung sembuh. Kami adalah manusia biasa yang hanya mampu berusaha dan berdoa. Apabila pasien termasuk jenis orang yang mengharapkan satu sentuhan keajaiban, jujur saya katakan, terapi bekam kami bukanlah pilihan yang tepat.

Bagaimana dengan biaya pengobatan? Kami persilahkan menghubungi :

Roni Dwi Risdianto

0813 5760 9831 (WA/SMS/Telp)

 

Demikianlah. Wassalam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog di WordPress.com

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: