Padepokan Witasem
Bab 5 Siasat Ken Arok

Siasat Ken Arok – 8

“Aku tidak keberatan bila kau bawa ke pengadilan,” kata Ken Arok. ”Kau mempunyai kuasa untuk itu. Lakukanlah apa yang harus kau lakukan!”

Toh Kuning mengangguk sambil mencubiti dagunya. Lalu ia berkata, ”Aku telah mencoba meyakinkan diriku untuk menangkapmu namun aku gagal melakukannya. Tetapi aku akan mencoba melumpuhkan kaki tanganmu meski aku tidak tahu apakah akan memberi hasil yang baik.”

Ken Arok mengerti bahwa Toh Kuning adalah lelaki yang jarang dibayangi oleh keraguan, sehingga ia dapat memahami alasan kuat Toh Kuning yang tidak menangkapnya.

Kemudian mereka saling mengatakan yang mereka ketahui walau  tetap bersembunyi dalam rencana-rencana yang sama-sama tidak dapat diduga satu sama lain. Setelah peronda malam membunyikan kentongan dengan nada dara muluk, Ken Arok berpamitan untuk kembali ke istana Tumapel. Toh Kuning melepasnya hingga gerbang penginapan.

Dalam waktu yang tersisa, Toh Kuning mencoba merebahkan tubuhnya dan sungguh-sungguh ingin melepaskan penat yang mendera setelah beberapa hari mengurangi masa istirahatnya.

***

Di wilayah yang lain, Pamekas berusaha keras dapat memenuhi perintah Toh Kuning dalam waktu sepekan. Ia bersungguh-sungguh meneruskan perintah pemimpinnya pada kawan-kawannya. Sehingga kemudian mereka telah berada di alun-alun Tumapel dan menyebar agak berjauhan dalam keadaan mengawasi pohon beringin putih. Sementara itu, dalam masa sepekan, Toh Kuning bekerja keras bersama prajurit Tumapel untuk memulai pengepungan rumah yang dijadikan tempat berkumpul orang-orang Ki Arumpaka.

Dengan siasat jitu, Toh Kuning dapat mengurangi jumlah orang yang biasa datang berkunjung ke rumah itu untuk persoalan-persoalan yang timbul di sawah. Sedangkan di lingkungan istana Tumapel. Toh Kuning telah meminta Akuwu Tunggul Ametung untuk memilah orang-orang Ki Arumpaka yang menyamar.

Maka dengan demikian, orang-orang Ki Arumpaka akan berada dalam giliran waktu yang sama saat berada di lingkungan istana Tumapel. Dan mereka yang berada di luar lingkungan telah mendapatkan pengawasan yang ketat dari prajurit Tumapel.

 

Related posts

Siasat Ken Arok 6

kibanjarasman

Siasat Ken Arok 5

kibanjarasman

Siasat Ken Arok 4

kibanjarasman

Siasat Ken Arok 3

kibanjarasman

Leave a Comment